Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Pengen Jadi Detektif? Owh... Apa Aja Keahliannya?

Apakah kalian suka cerita detektif seperti Conan atau Sherlock Holmes? Seru sekali ya. Waktu baca ceritanya, aku sering membayangkan kalau aku yang jadi detektif tersebut. Saking sukanya, cita-citaku pengen jadi detektif! Mm... apa ya, syarat-syarat dan keahlian seorang detektif itu? Baca tulisan ini.

  • Pertama, seorang detektif harus punya daya ingat yang kuat, walau hanya sekilas. Ini berguna kalau ada kasus tabrak lari. Nomor plat mobil itu sangat penting.
  • Kedua, teliti dan jeli terhadap hal-hal yang kecil yang orang-orang menganggapnya sepele. 
  • Ketiga, kemampuan menginterogasi yang baik. Dengan begitu kita bisa mengorek fakta-fakta penting dari pelaku. Salah satu caranya adalah dengan metode 'pembuktian terbalik'. Pandai-pandailah memberi informasi yang salah, maka pelaku akan memberi fakta yang sebenarnya. Begini contohnya:
   Aku (detektif): "Siapa yang menyuruhmu mencuri?"
   Pelaku: "Ti... tidak ada,"
   Aku: "Tidak usah cari-cari alasan. Aku tahu kau disuruh oleh si A bukan? (padahal kita tak tahu siapa   A itu)"
   Pelaku: "Bu...bukan. B yang menyuruhku,"
   Aku: "Jangan bohong...!"
     
      Dari interogasi tadi, kita bisa mencurigai B. Memang tak selalu berhasil, tapi bisa dicoba.
  • Keempat, tahu terhadap hukum undang-undang yang berlaku.
  • Kelima, kemampuan menganalisa yang baik. Nah, ini yang paling penting sebagai seorang detektif. Di cerita Sherlock Holmes, hanya sedetik melihat seseorang, dia sudah tahu apa pekerjaannya, dari mana asalnya dan lainnya. Ini dia, secuil percakapan dari novel itu.
'Aku diperkenalkan dengan Sherlock Holmes. Dia sedang asyik meneliti cairan di labnya. Saat dia memandangku, dia langsung bekata, "Kamu baru dari Afganistan ya?"
Aku terkejut dan bertanya mengapa dia tahu asalku.
"Saat aku melihatmu, kau adalah seseorang bertipe medis, tapi dengan pembawaan militer. Jelas sekali kau dokter agkatan darat. Wajah dan kulitmu kecoklatan, berarti kau datang dari daerah tropis. Kau sudah mengalami pengalaman keras dan menderita sakit, itu tampak dari ekspresi wajahmu. Lengan kiri penuh luka dan posisi kaku tidak wajar. Di kawasan mana seorang dokter Angkatan Darat Inggris mengalami kekerasan? Jelas di Afganistan"'
(Ini asli, saat aku baca ini mulutku ternganga tak percaya! :) )

Selain hal-hal di atas, harus menguasai penyamaran, membuntuti seseorang tanpa diketahui, dan pengetahuan forensik.

Nah, sekian saja ya, postingan dariku. Semoga bermanfaat!

referensi: http://catatan-ap.blogspot.com/2011/08/teknik-dan-metode-analisa-detektif.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Sfatimah Azzahra mengatakan...

Kak Kirana cerdas ;)

Kirana mengatakan...

Hehe... makacih...

Posting Komentar